Home > Trips> SELECTA > PANTAI BALEKAMBANG

PANTAI BALEKAMBANG

Lokasi: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang 65179 Map: HTM: Rp. 10.000 / Rp. 15.000 (hari libur) Buka/Tutup: 24 jam Telepon: +62 341 456644

Malang terus bersolek untuk memanjakan para wisatawan yang berlibur ke Indonesia khususnya ke kota Apel ini. Kawasan wisata alam berupa pantai menjadi salah satu incaran dari para wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan juga kemegahan dari pemandangan yang dimiliki oleh Malang. Salah satu kawasan wisata pantai yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan adalah Pantai Balekambang. ..Mengenal Pantai Balekambang Pantai Balekambang merupakan salah satu kawasan wisata pantai yang berada di Malang dengan pemandangan dan panorama yang luar biasa. Keindahan pantai ini memang sedang naik daun. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya para wisatawan yang mengunjungi salah satu destinasi wisata di Malang tersebut ketika menjelang libur panjang. Keindahan dan eksotisme dari Pantai Balekambang memang sangat berbeda dengan pantai-pantai di pesisir pesisir Jatim atau Jawa Timur khususnya di daerah Selatan. Apalagi pantai ini memiliki Tanah Lotnya Jawa Timur. Cukup wajar jika julukan ini tersemat kepada Pantai Balekambang. Pasalnya topografi dan juga lansekap pantai ini memang sangat mirip dan juga senada dengan keindahan Pantai Tanah Lot yang sudah sangat terkenal di pulau Dewata. ..Rute menuju Pantai Balekambang Pantai Balekambang sendiri berada di daerah Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang 65148. Jarak dari pantai Balekambang ke kota Malang ini sekitar 67 kilometer menuju ke arah selatan. Akses menuju kawasan wisata pantai ini memang sudha sangat memadai. Akses jalan utama sudah diaspal mulus dan juga bisa dilalui dengan mudah. Akan tetapi para wisatawan disarankan tetap waspada dan juga hati-hati. Pasalnya banyak tanjakan dan juga tikungan yang sangat tajam. Apalagi jalan Jurang Mayit Balekambang ini kabarnya terkenal angker dengan banyaknya kecelakaan yang sering terjadi.

Diluar cerita angker dan mistis, sepanjang perjalanan para wisatawan bisa menemukan suasana yang masih asri dengan banyaknya pepohonan hijau di sepanjang jalan. Bagi para turis yang hendak mengunjungi kawasan wisata Pantai Balekambang, ada banyak pilihan untuk transportasi menuju ke sana. Para wisatawan bisa memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum hingga bus yang siap mengantarkan para turis menuju ke pantai yang indah ini.

Bagi yang ingin menggunakan kendaraan Umum seperti bus dan angkutan kota, rutenya bisa dimulai dari Terminal Arjosari, Malang. Dari terminal ini naik angkutan kota yang memiliki jurusan ke arah Terminal Gadang. Setelah sampai di Terminal Gadang, bisa dilanjutkan dengan menggunakan angkutan kota yang memiliki jurusan ke arah Bantur. Dari Bantur para turis bisa turun di Kecamatan Gondanglegi atau Pagelaran. Dari daerah ini bisa dilanjutkan memakai jasa ojek yang cukup banyak ditemukan di daerah Gondanglegi atau Pagelaran tersebut. Pasalnya dari daerah ini belum ada kendaraan umum yang langsung menuju ke kawasan wisata pantai.

Sementara jika bepergian ke Pantai Balekambang dengan rombongan keluarga besar dan juga teman, tentu saja pilihan kendaraan pribadi menjadi pilihan utama. Selain berdasarkan faktor kenyamanan, tentu saja akan lebih mudah dalam hal transportasi. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari arah Malang ambil jalur menuju ke Gadang dan juga Kendalpayak. Setelah itu perjalanan dilanjutkan ke Desa Gondanglegi, Pagelaran, Bantur hingga ke Srigonco. Setelah dari Srigonco, perjalanan dilanjutkan ke kawasan Pantai Balekambang. Di sepanjang perjalanan para wisatawan bisa melihat suasana hijau dari hutan tropis dan juga hutan jati yang sangat indah. Tentu saja bisa mengabadikan foto dan juga momen kala berjalan-jalan di Malang. Meski sudah diaspal, ada beberapa area yang memiliki jalur lebih sempit dan juga tikungan tajam yang cukup berbahaya. Tentu saja harus lebih waspada dan juga hati-hati. Sementara untuk papan petunjuk sudah cukup banyak ditemukan di sini. Apalagi teknologi google map sudah sangat membantu. Dan aksesnya bisa melewati Solo atau Surabaya. ..Keindahan Pantai Balekambang Ketika berada di sekitar area pantai, para wisatawan sudah siap dimanjakan dengan keindahan luas yang sangat jernih dengan warna biru yang tentu saja memberikan pesona tersendiri. Ditambah lagi dengan adanya deburan ombak semakin membuat suasana pantai semakin terasa. Ombak yang ada di sekitar pantai ini tidak terlalu besar dan memiliki panorama yang sangat eksotis. Pantai Balekambang ini merupakan pantai yang sangat bersih dan juga sudah tertata sangat rapi. ..Pesona 3 pulau di Balekambang Ternyata bukan hanya ombak dan pasir pantai saja yang menjadi pesona di Balekambang. Suasana yang sangat tenang dan juga udara sejuk dari laut tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Apalagi yang ingin menghindari dari hiruk pikuk kota dan ingin mencari ketenangan. Selain itu 3 pulau yang dekat dengan Balekambang menjadi salah satu daya tarik dari kawasan wisata pantai ini. Para turis bisa menyaksikan dan juga melihat keindahan panorama pulau-pulau seperti Pulau Anoman, Pulau Ismoyo dan juga Pulau Wisanggeni yang bisa diakses dengan melalui sebuah jembatan yang terhubung ke pantai Balekambang.

Keindahan Pulau Ismoyo bisa terlihat dengan jelas. Pasalnya dari area pantai, para wisatawan bisa melihat keindahan pura yaitu Pura Amerta Jati. Di kawasan wisata pantai ini ada jembatan yang memiliki panjang sekitar 100 meter dari area bibir pantai. Jembatan ini bisa digunakan untuk menuju ke Pulau Ismoyo. Untuk menuju ke pulau ini para wisatawan harus mematuhi segala peraturan dan juga tata cara yang berlaku. Pasalnya Pura ini biasa digunakan untuk beribadah.

Pantai Balekambang memang bukan hanya sebagai kawasan wisata alam saja. Di sini juga menawarkan wisata religi. Terutama pada momen-momen tertentu. Pasalnya selain pura, di sini juga terdapat makam salah seorang pemuka agama ternama pada jaman dahulu, yaitu SYAIKH ABDUL JALIL. Dan pada tanggal 1 Sya’ban biasanya para masyarakat sekitar ziarah ke makam salah satu tokoh agamawan ini. Selain itu pada hari Raya Nyepi juga kerap digelar upacara di pantai Balekambang tersebut.. ..Sejarah Pantai Balekambang Menurut cerita sejarah, dahulu Pantai Balekambang ini merupakan hutan dengan pepohonan yang sangat lebat. Dan di hutan ini memang jarang masyarakat setempat yang mau masuk ke kawasan pantai ini. Sehingga pada awalnya kawasan wisata ini kurang mendapatkan perhatian.

Semenjak tahun 1978, Pantai Balekambang sudah mulai dikenal dan juga diketahui oleh masyarakat sekitar. Apalagi perangkat desa Srigonco sendiri sudah mulai untuk membuka akses jalan. Sehingga masyarakat di luar Desa Srigonco bisa melihat dan mengunjungi kawasan wisata Pantai Balekambang dengan mudah. Selang 5 tahun kemudian, tepatnya tahun 1983 Pantai Balekambang akhirnya resmi menjadi kawasan wisata dan dilantik oleh Bupati Malang saat itu, Bapak Eddy Slamet.

Setelah peresmian tersebut kawasan wisata pantai Balekambang tentu saja semakin terkenal di mata para turis. Dan menjadi salah satu faktor pertumbuhan ekonomi yang cukup membantu di kota Malang terutama di desa Srigonco. Apalagi pantai ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan juga memadai.Seperti yang disebutkan diawal, area Pantai Balekambang ini merupakan hutan lebat. Dan Syaikh Abdul Jalil inilah yang membuka hutan dan juga membuka akses untuk menuju ke pantai ini. Syaikh ini merupakan ulama dari Yogyakarta yang memberikan kontribusi yang cukup besar di desa Srigonco dan juga Malang. Oleh sebab itu ketika beliau wafat, jenazahnya dimakamkan di dekat Pantai Balekambang. Tidak heran jika banyak para wisatawan yang datang melihat dan ziarah ke makam Syaik Abdul Jalil ini. ..Mitos tentang Pantai Balekambang Kawasan wisata Pantai Balekambang ini merupakan salah satu gugusan pantai di pesisir selatan. Tentu saja letak pantai ini masuk ke dalam wilayah selatan di daerah Pulau Jawa. Praktis membuat kawasan wisata pantai Balekambang ini tentu saja memiliki cerita dan mitos tersendiri. Sama halnya dengan kawasan wisata pantai-pantai selatan lain yang tersebar di Pulau Jawa. Kawasan wisata Pantai Balekambang ini menyajikan cerita mitos dan misteri serta kepercayaan masyarakat yang memang sangat kental dengan nuansa mistis.

Mitos yang sangat terkenal dan juga sudah lama berkembang di kawasan wisata di pantai ini yaitu berakhirnya sebuah hubungan asmara bagi pasangan yang belum menikah ketika mengunjungi kawasan wisata ini. Pasangan yang belum menikah ini akan putus ketika selesai berlibur di pantai Balekambang. Mitos tersebut sangat mirip dengan cerita di Candi Prambanan. Sementara untuk mitos lainnya adalah air laut di Pantai Balekambang ini dipercaya bisa membuat para wisatawan yang mandi atau berenang di sini bisa awet muda.

Dengan adanya cerita ini, tentu saja tidak perlu heran jika banyak para wisatawan yang berendam dan juga berenang di sekitar laut di bibir pantai. Ada juga yang membasuh air ke wajah. Meskipun hanya mitos, tentu saja cerita ini menjadi salah satu daya tarik dari pantai Balekambang tersebut.. ..Aktifitas di Pantai Balekambang Keindahan pantai Balekambang memang sayang untuk dilewatkan. Para wisatawan wajib membayar harga tiket masuk sebesar Rp 10.000,- atau Rp 15.000,- per orang berdasarkan hari libur. Tentu saja masih sangat terjangkau mengingat keindahan alam dan eksotisme pemandangan yang bisa disaksikan disini. Apalagi ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan kala berlibur di Balekambang ini.

Aktifitas yang biasa dilakukan oleh para wisatawan adalah dengan bermain-main pasir dan juga air laut di sepanjang bibir pantai. Akan tetapi harap diperhatikan peringatan mengenai ombak. Jika ombak tidak terlalu besar dan tinggi, para wisatawan bisa bermain air di sekitar bibir pantai. Akan tetapi jika tanda larangan sudah dipasang oleh tim SAR, para wisatawan diharuskan menjauh dari bibir pantai. Ketika ombak tidak besar dan juga sedang surut, keindahan dan pesona karang laut bisa menjadi salah satu daya tarik dari Balekambang. Ketika air surut, para wisatawan bisa melihat aneka karang dan juga berbagai macam ikan hias kecil serta tanaman dan biota laut yang sangat indah di sekitar pantai ini.

Sementara untuk wisata reliji, ketika Maulid Nabi dan juga kala memasuki bulan Muharam atau Suro, para wisatawan bisa melihat berbagai macam upacara adat yang digelar di pantai ini. Seperti upacara Suroan hingga upacara Jalanida Puja. Dan biasanya pada bulan Suro, Pantai Balekambang ini akan sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan yang hendak mandi dan juga berendam di sekitar pantai.Keindahan senja kala matahari terbenam menjadi salah satu aktifitas yang bisa dilakukan di sini. Pesona Pantai Balekambang ini akan sangat cantik ketika matahari mulai terbenam. Tentu saja latar belakang Pura Amerta Jati menjadi daya tarik tersendiri.

Aktifitas lain yang bisa dilakukan adalah bermain flying fox di area wahana outbond yang siap memanjakan adrenalin para wisatawan. Setelah puas bermain-main, tentu saja menikmati sajian khas seafood yang lezat bisa menutup liburan di Pantai Balekambang ini. Di dekat pantai ini terdapat Pasar Dampit yang tidak jauh dari kawasan wisata Balekambang. Di sini para wisatawan bisa membeli aneka seafood segar seperti ikan, cumi-cumi hingga udang. Dan bisa langsung dinikmati di sekitar area pantai. ..Fasilitas di Pantai Balekambang Di kawasan wisata pantai ini sudah banyak penginapan dan villa yang bisa dipilih sesuai dana atau budget. Balekambang beach ini sudah memberikan servis yang memuaskan. Hotel Wibisana hingga Villa Wibisono menjadi salah satu alternatif pilihan penginapan yang memiliki akses langsung ke kawasan wisata pantai. Ketika menjelang libur panjang, penginapan di sekitar Balekambang akan terisi penuh.

Untuk fasilitas lainnya seperti toilet umum juga sudah tersedia. Di kawasan wisata pantai ini sudah terdapat toilet umum yang sangat bersih dan juga bisa digunakan membilas serta membersihkan diri usai bermain di sekitar pantai dengan puas.

Untuk fasilitas rumah makan juga cukup banyak ditemukan di pantai ini. Di sepanjang kawasan pantai, para wisatawan bisa menemukan aneka rumah makan dan warung yang siap menjajakan aneka menu makanan laut yang sangat menggoda. Sementara untuk toko suvenir atau cenderamata, di Pantai Balekambang ini sudah sangat lengkap. Para wisatawan bisa membeli souvenir untuk hadiah kepada teman atau saudara. Apalagi harganya relatif terjangkau. Dan suvenir yang dijual sangat lengkap dan juga komplit.

Kawasan wisata pantai Balekambang ini tidak melupakan ibadah. Pasalnya di area liburan ini sudah dilengkapi dengan area tempat ibadah. Sudah tersedia musholla yang bisa digunakan untuk beribadah. Semua tersaji dengan sangat lengkap. ..Tips berlibur ke Balekambang Jika memiliki rencana untuk berlibur ke Balekambang, ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para wisatawan. Disarankan untuk datang sejak pagi hari. Pasalnya di sini para wisatawan bisa melihat dan juga menyaksikan keindahan pemandangan matahari terbit. Tentu saja menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Apalagi kala pagi hari belum terlalu panas.

Jangan lupa untuk membawa penutup kepala seperti topi atau payung yang bisa melindungi kepala dari panas matahari. Tentu saja ketika siang hari, Balekambang akan cukup panas. Perhatikan petunjuk dan larangan yang tertera di pintu masuk. Hal ini untuk menjaga diri dari bahaya. Apalagi ketika musim-musim tertentu, ombak akan sangat besar dan bisa membahayakan para wisatawan. Tentu saja hal ini untuk membuat liburan menjadi lebih berkesan.

You can send your inquiry via the form below.